/Perjalanan Karir Via Vallen sebagai Penyanyi dari Nol

Perjalanan Karir Via Vallen sebagai Penyanyi dari Nol

Nama Via Vallen semakin melejit. Sebelumnya, ia berhasil mendapat beberapa penghargaan pada ajang musik dangdut. Belum lama ini setelah meraih beberapa penghargaan pada Anugerah Dangdut Indonesia 2017, Via kudu melayangkan somasi kepada seorang penata rias lantaran mengutarakan pernyataan yang tak mengenakkan.

Kehadiran nama Via Vallen di dunia dangdut, menggeser beberapa penyanyi dangdut terdahulu dalam urusan meraih penghargaan. Pada Indonesian Dangdut Awards 2017 yang digelar Oktober lalu, ia berhasil mengalahkan penyanyi-penyanyi dangdut kondang, seperti Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, dan Cita Citata sebagai penyanyi dangdut solo wanita terpopuler.

Nama Via mencuat jadi penyanyi dangdut koplo yang dikenal luas berkat lagu berjudul Sayang yang ia dendangkan. Jauh sebelum sampai di titik pencapaian saat ini, Via Vallen mengawali kariernya dari panggung ke panggung di sejumlah daerah di Jawa Timur bersama kelompok orkes dangdut koplo bernama Orkes Melayu Sera, yang sangat terkenal di sana. “Penghargaan ini belum puncak karier saya, masih awalnya,” kata Via seperti yang dikutip dari Koran Tempo pada sebuah wawancara, Oktober lalu.

Via mengaku tinggal dan tumbuh di lingkungan yang akrab dengan dangdut koplo. Ayahnya, yang menjadi pemain musik di orkes dangdut koplo, membuatnya mengenal musik ini sejak usia dini. Ia mengaku pada awalnya memang diarahkan oleh orang tuanya, tapi kemudian ia menyukai musik ini.

Perjalanan karier penyanyi yang memiliki nama asli Maulidia Oktavia ini tak berjalan mulus begitu saja. “Jegal-jegalan pasti ada,” ucapnya. Soal bayaran juga begitu. Via mengaku pernah cuma dibayar Rp 20 ribu pada awal.

Kini, Via Vallen menjelma menjadi ikon dangdut koplo. Berkat lagu-lagu seperti Sayang dan Kimcil Kepolen, ia menembus panggung-panggung besar Tanah Air dan menjadi idola baru penggemar musik dangdut koplo.

sumber: https://seleb.tempo.co/read/1041020/perjalanan-karier-via-vallen-sebagai-penyanyi-dangdut-koplo